IMG-20180709-WA0035

(Senin, 9 April 2018) pukul 18.00 WIB, bertempat di Aula Catholic Centre Kota Medan, Sumatra Utara, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) menggelar pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke IX tahun 2018. Kegiatan ini merupakan kegiatan nasional yang diselenggarakan PMKRI untuk menyusun program kerja serta arah gerak nasional organisasi selama dua tahun kedepan.

Pada momentum besar ini, kegiatan Rakernas diselenggarakan di Kota Medan dan PMKRI Cabang Medan Sanctus Bonaventura berperan selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan ini, dan kegiatan ini diikuti cabang-cabang seluruh Indonesia. Kali ini PMKRI memilih “Transformasi Organisasi PMKRI Berbasis Mandiri dan Kontekstual” sebagai tema utama kegiatan ini. Maksud tema ini adalah supaya PMKRI sebagai wadah organisasi yang berbasis pada pembinanaan dan pendidikan kader harus berubah dan berbenah diri atau melakukan lompatan demi perbaikan organisasi yang kontekstual berbasis mandiri dan kompetitif.

Jalannya acara ini diawali dengan pembukaan misa yang dipimpin langsung oleh Uskup Agung dari Keuskupan Agung Medan Mgr. Anicetus B. Sinaga, OFM, Cap. Dalam Khotbah pada perayaan syukur agung pembukaan Rakernas ini, Mgr. Anicetus B. Sinaga, OFM, Cap, mengemukakan empat permasalahan yang membelenggu bangsa ini yaitu: Narkoba, Korupsi, Tindakan Kekekrasan dan ungkapan kebencian Terhadap sesame dan masalah merebaknya budaya sex bebas di Indonesia pada sekarang ini. Oleh karena masalah itu Uskup Agung mengharapakan agar PMKRI harus menjadi Oase Ilahi dan Menjadi Inklusifisme Persaudaraan di dunia khususnya di Indonesia saat ini. Karena pengaruh masalah diatas telah menjalar ke seluruh aspek kehidupan masyrakat Indonesia pada saat ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sidang kehormatan sebagai tanda pembukaan kegiatan Rakernas tahun 2018. Kegiatan ini berjalan lancar dan terlihat peserta yang berdatangan dari berbagai daerah di seluruh pelosok Indonesia sangat antusias menikamati acara ini dengan penuh kekeluargaan dalam payung keluarga PMKRI sebagai wadah perjuangan bersama.


Laporan : Marianus Air (Kontributor/Aktivis PMKRI)

*Editor : Bagas Romualdi

Comments

comments